Senin, 07 November 2011

Seting Compiz di Ubuntu 11.04 dan 11.10

Hayo siapa yang belum tahu COMPIZ?. Daripada penasaran ane jelasin apa sih compiz itu compiz adalah salah satu window manager berbasiskan sistem X window yang mendukung tampilan grafik 3D memanfaatkan akselerasi hardware PC, khususnya VGA yang didukung oleh Xgl. Kemampuan VGA menjadi taruhan untuk memunculkan efek 3D ditulis dengan pemrograman C, C++, dan OpenGL. Nah disini ane akan membahas cara instalasi compiz di ubuntu versi 11 baik yang 11.4 dan 11.10. Sebetulnya tampilan di ubuntu versi 11 ini sudah bagus tapi ane rasa masih ada yang kurang bila belum di oprek. Silahkan buka terminal lalu ketik seperti dibawah ini


$ sudo apt-get install compizconfig-setting-manager


Perlu diperhatikan tidak semua efek bisa diaktifkan karena ada beberapa plugin dari ubuntu versi 11 yang bertabrakan kalau masih tetap dipaksa maka unity dan global menu dari ubuntu akan hilang. Dibawah ini ada masalah serta solusi beserta gambar.


SOLUSI PERTAMA
Langkah-langkah


1. Buat shortcut compizconfig di destop supaya jika unity hilang bisa dimunculkan kembali




2. Disini saya akan mencontohkan bahwa tidak semua efek compiz bisa jalan dengan baik, dengan mencentang "Destop Cube"



3. Tampilan unity akan hilang jika tetap memaksakan untuk memakai plugin ini (Destop Cube)




4.Buka compizconfig lalu centang Unity ubuntu dan hapus centang pada "Destop Cube" mengapa harus dicentang yang unity dikarenakan jika kalian tetap memaksa memakai plugin yang seperti diatas maka secara otomatis plugin unity kalian akan hilang dan jika unity hilang maka akan tampil seperti pada gambar langkah nomer 3




5. Setelah dicentang maka tampilan ubuntu yang tadinya amburadul (acak-acakkan) menjadi setingan default lagi


Oh ya sebelumnya saya mau memberi tahu plugin-plugin yang bisa dipake serta ane udah mencobanya dan nggak konflik untuk efek kalian bisa centang "whobbly windows" dan untuk destop "Rotate cube". 


SOLUSI KE-DUA
yang pertama kita lakukan yaitu membackup settingan kita sebelum kita mengaktifkan compiz yaitu dengan cara masuk ke bagian preferences pada tampilan compizconfig-settings-manager. Di bagian bawah profile klik export dan kemudian simpan. Untuk nama terserah bisa Unity-wall ato yang lain…berikut tampilannya: 


tunggu proses backup selesai… 

setelah membackup sekarang kita memulai mengaktifkan fitur compiz…
Disable Plugins
sebelum mengaktifkan compiz nonaktifkan dulu beberapa fiturnya yaitu
1. Ubuntu Unity Plugin
2. Desktop Wall
3. OpenGL (pilih ‘Disable these plugins’ ketika kita ditanya akan meng non-aktifkan beberapa plugin too)
4. Composite

setelah meng nonaktifkan mulailah mengaktifkan fitur compiz..

1. Composite
2. OpenGL
3. Desktop Cube
4. Rotate Cube
5. Animations
6. Enhanced Zoom Desktop
7. Expo
6. Fading Windows
8. Ubuntu Unity Plugin

pada saat mengaktifkan Ubuntu Unity Plugin akan menyebabkan beberapa konflik kemudian pilih opsi “Resolve Conflicts” pada kotak dialog..

konflik pertama terjadi antara ‘Reveal Mode’ dari ‘Ubuntu Unity Plugin’ dan ‘Rotate Flip Left’ dari ‘Rotate Cube’. saya merekomendasikan untuk memilih ‘Disable Rotate Flip Left’ agar kita tidak menginginka crash terjadi dengan Unity.

konflik berikutnya terjadi antara ‘Ubuntu Unity Plugin’ dan ‘Gnome Compatibility Plugin’. Saya merekomendasikan untuk memilih ‘Disable Show Main Menu’ .

kemudian ada pilihan kotak dialog lagi. Pilih ‘Disable Run Dialog’ .

Restart GDM

Jika semua proses berjalan lancar, kamu sudah selesai menyetting cube. tekan Ctrl + Alt + F1 untuk masuk tty1 screen dan login menggunakan username kamu. Sekarang ketikan perintah ini…



$ sudo service gdm restart 

Sekarang kamu dapat melihat Desktop Unity kamu dengan fitur cube

Setting Jumlah Desktop

sekali lagi, tekan ccsm dan masuk ke ‘General Options’ di pilihan atas jendela. Pilih ‘Desktop Size’ kemudian ubah ‘Horizontal Virtual Size’ menjadi 4 dan ‘Vertikal Virtual Size menjadi 1 agar cube anda sempurna. Sebenarnya kalian bisa menyeting lebih dari 4 sesuai kebutuhan dan selera.






OK sekarang kamu bebas oprek unity kamu jangan lupa backup dulu buat jaga-jaga. Semoga ilmu ini bisa bermanfaat dan selamat mencoba ya


Tidak ada komentar:

Posting Komentar